Saturday 30 March 2013

Tips Memilih Nama Domain

Dalam postingan pertama ini, faustBlog mencoba memberikan tips dalam memilih nama domain.

Nama domain yang bagus, mudah diingat dan enak didengar adalah suatu keharusan. Tapi kenyataannya, memilih nama domain yang "seperti itu" tak bisa dibilang mudah.

"Nama domain yang bagus, mudah diingat dan enak didengar sudah pada ada yang punya.

Itu pernyataan dari hampir semua orang yang sedang mencari nama domain. 
Jawabannya mudah, berani bayar mahal atau tidak.

Jika tidak berani bayar mahal, teruslah mencoba mencari, dengan harapan suatu saat bisa menemukan nama domain yang bagus dan cocok dengan keinginan. Tak mudah memang, perlu ketekunan dan kreatifitas.

Jika berani bayar mahal, mudah saja, silahkan cari di sedo.com. Sedo adalah website tempat lelang domain, di situ banyak terdapat domain-domain yang sangat bagus, tapi tentu saja dengan harga yang sangat bagus. Harganya bisa dari ratusan dolar, hinggal puluhan atau ratusan ribu dolar.

Oke... daripada banyak berpikir, let's get action.

Jika sedang hoki, nama yang bagus mudah dingat dan enak didengar tak mustahil kita peroleh.

Beberapa hal yang harus diingat dan diperhatikan dalam mencari nama domain antara lain:

Jumlah Kata.
Carilah nama domain dengan jumlah kata sependek mungkin. Semakin pendek, semakin mudah diingat. Misalnya, jajan.com tentu lebih menarik dibanding akusukajajan.com
Good examples: google.com, detik.com, yahoo.com, fark.com
Bad example: localb2bbusiness4u.com, grandmasorchidsbusiness.com

Unik & Mudah diingat
Sebuah nama yang mudah diingat menjamin pengunjung untuk datang kembali. Nama domain yang mudah diingat tidak selalu (harus) pendek atau dibuat dari satu kata.  
Intinya, be unique! Bermain-mainlah dengan kombinasi dua kata untuk nama domain yang unik dan mudah diingat.
Good examples:  reddit.com, youtube.com, amazon.com
Bad example: a - 9.com, a-immobilienmarkt.com, m3skrna.com

Ekstensi
Ekstensi domain menentukan tingkat gengsi dari suatu nama domain. Jelas dan pasti, domain paling yahud adalah .com , coba ingat-ingat website populer internasional dengan ekstensi selain .com, pasti sangat sedikit.
.com sepertinya menenggelamkan ekstensi-ekstensi domain yang lain. Karena semua orang inginnya menggunakan .com, tentunya domain dengan ekstensi .com semakin habis, salah satu alternatifnya adalah memilih nama domain selain .com.
Diurutan selanjutnya setelah .com adalah .net dan .org. Kemudian, bisa juga menggunakan alternatif domain .co.id jika target pasarnya untuk masyarakat Indonesia saja.
Intinya, usahakan sebisa mungkin untuk mencari nama domain .com, jika sudah menyerah, barulah dicoba alternatif dengan ekstensi yang lain.

Minus & Angka
Dianjurkan dengan sangat, hindari menggunakan hypens/minus (-) atau angka di dalam nama domain. jagatcinta.com akan jauh lebih mudah diingat dari pada jagat-cinta.com, begitu juga cinta.com akan jauh lebih enak didengar daripada cinta21.com

Tepat Makna
Cari nama domain yang sedekat mungkin dengan content website-nya. Misalkan jika mau jualan kopi, akan lebih pas menggunakan domain kopi.com, dibandingkan dengan domain mimuman.com. Semakin dekat makna kata dalam domain dengan content website-nya, otomatis akan membantu pengunjung web untuk mengingat nama domain kita.

Mudah-mudahan tips di atas dapat bermanfaat...

Success for us...

No comments:

Post a Comment